Kamis, 02 April 2020

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal CTA (Call to Action) | Indonesia Info Berita Terbaru

Jualan online masih sepi pengunjung ? Padahal sudah lama memulai jualan online di instagram . . . 

Mau tahu cara jualan online laris di Instagram ?

Cara jualan online laris tanpa modal uang bisa kita peroleh dengan rajin melakukan berbagai optimasi pada online shop yang sedang kita jalankan.

Online Shop sepi pengunjung bisa menjadi pertanda bahwa bisnis online tersebut masih kurang optimal kinerjanya, sehingga harus dilakukan langkah - langkah optimasi.

Saat berbicara tentang olshop instagram, kita tentunya tidak bisa melewatkan salah satu bagian penting pada profil olshop instagram. Bagian penting pada profil olshop instagram itu adalah bio instagram.

Bio instagram berperan penting pada profil olshop ig, karena posisinya terletak pada bagian paling atas sebuah profil instagram. Letak paling atas tentunya menjadi gerbang yang menyambut para pengunjung yang membuka akun olshop ig tersebut.

Hal pertama yang ditemui akan membentuk kesan pertama. Kesan pertama tidak akan bisa di ulang. Jadi, persiapkan dengan seksama hal - hal yang ingin kita tempatkan pada deretan kata - kata di bio instagram olshop.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan kita bagikan secara lengkap langkah optimasi pada deretan kata - kata bio instagram olshop.

Langkah optimasi tersebut ialah penggunaan kata ajakan / Call to Action(CTA) yang tepat pada deretan kata -kata bio instagram olshop.

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal CTA (Call to Action)

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal CTA (Call to Action) dapat kita lakukan melalui 7 langkah berikut :

Langkah 1 :
Menyiapkan Mindset Owner Sebelum Membuat CTA pada Bio Olshop Instagram
Langkah 2 :
Memahami 4 Kriteria CTA pada Bio Olshop Instagram
Langkah 3 :
Mengenal 3 Jenis CTA pada Bio Olshop Instagram
Langkah 4 :
Mengidentifikasi 4 Fungsi CTA pada Bio Olshop Instagram
Langkah 5 :
Menganalisa 4 Contoh Kasus Penggunaan CTA Pada Bio Olshop Instagram
Langkah 6 :
Ulasan Jenis & Kriteria Konten Gratis untuk CTA Pada Bio Olshop Instagram
Langkah 7 :
Menghindari penggunaan CTA Ini pada Bio Olshop Instagram

Setiap langkah kami paparkan secara lengkap pada postingan kali ini agar bisa dipelajari dan dipraktekkan pada bio online shop masing - masing.

STOP! sebelum melanjutkan lebih jauh . . .
ada baik nya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Call to Action (CTA) atau bisa juga di sebut dengan "Kata Ajakan"

Kata ajakan (CTA) adalah deretan kata - kata yang dibuat sedemikian rupa untuk mempengaruhi customer saat membacanya agar langsung mengambil tindakan sesuai dengan keinginan penulis kata ajakan (CTA) tersebut.

Langkah 1 : Menyiapkan Mindset Owner Sebelum Membuat CTA pada Bio Olshop Instagram

Sebelum membuat kata ajakan, pemilik online shop hendaknya menanamkan mindset / pola pikir yang tepat. Contoh pola pikir online shop laris :

"Mengutamakan untuk memberi sesuatu kepada customer sebelum meminta imbalan atas produk atau jasa yang diberikan"

Sudah menjadi hal yang pasti dalam berbisnis, customer haruslah memberi imbal balik atas produk / jasa yang suatu bisnis berikan. Namun, harus di siasati dengan mengedepankan akan hal lebih apa yang dapat di peroleh oleh customer.

Usahakan agar customer harus bisa memperoleh sesuatu yang lebih dari nilai profit yang kita terima. Dibutuhkan sedikit kreativitas dalam cara untuk memenuhi tujuan tersebut tanpa mengurangi profit yang peroleh.

Langkah 2 : Memahami 4 Kriteria CTA pada Bio Olshop Instagram

Bio Instagram olshop hendaknya menyertakan kata - kata ajakan (CTA) kepada customer agar melakukan hal-hal yang inginkan olshop tersebut setelah mengunjungi profil olshop itu.

Deretan kata - kata ajakan pada olshop hendaknya bisa memenuhi beberapa kriteria diantaranya :
  • tepat sasaran, heboh dan terasa profesional 
  • membuat pegunjung penasaran
  • menghilangkan anggapan "sudah biasa" oleh pengunjung
  • meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap olshop


Hindari penggunaan kata - kata yang terlalu menonjolkan bahwa anda sedang berjualan. Tidak perlu banyak kata (panjang lebar) saat melakukan penjualan.

Biarkan deretan kata - kata CTA pada bio instagram kita yang mempengaruhi customer untuk mengambil tindakan.

Langkah 3 : Mengenal 3 Jenis CTA pada Bio Olshop Instagram

Jenis 1 - Kata Ajakan (CTA) untuk Menghubungi Kontak Olshop

Ajakan untuk menghubungi kontak merupakan CTA paling sering olshop gunakan. Kata - kata ajakan untuk menghubungi kontak olshop bisa kita letakkan pada bio olshop.

Menempatkan link wa pada kolom link bisa menjadi salah satu pilihan. Letakkan kata - kata ajakan pada bio untuk mengklik link pada kolom link bio di Instagram yang telah kita isi link nya dengan link wa kontak olshop kita.

Hal tersebut menurut kami kurang optimal. Sebaiknya olshop ig tidak mengisi kolom link dengan link wa.

Karena Instagram hanya memperbolehkan 1 link yang di masukkan, sehingga akan rugi jika kolom tersebut hanya kita gunakan untuk mengisi link wa olshop kita.

Cukup letakkan ajakan untuk menghubungi nomor whatsapp tanpa link wa di bawahnya (bagian link).

Jenis 2 - Kata Ajakan (CTA) untuk Melihat Link Khusus

[A] Model Link Khusus yang Berisi Berbagai Link

Link semacam ini bisa berupa link yang di buat hanya berupa satu halaman yang berisi variasi beberapa tombol untuk mengarah ke beberapa link. Link khusus ini biasa ditemui pada olshop.

Bisa di buat menggunakan linktr.ee maupun Lnky.in. Penggunaan link semacam ini lebih optimal di bandingkan dengan 1 buah link wa, karena link whatsapp tetap ada dan bisa kita barengi dengan link lainnya

                
Kekurangan link semacam ini ialah kita terbatas pada apa - apa saja yang disediakan oleh penyedia link ini seperti Link.tree maupun Lnky.in.

Namun, menggunakan fasilitas Linktr.ee atau Lnky.in tetap sangat membantu para pelaku online shop untuk mngoptimalkan kolom link di bio instagram.

[B] Model Link Khusus Olshop tersebut di Marketplace/Website/Blog/sosmed lain.

Memiliki website, blog, atau toko dimarketplace akan membuat calon pembeli semakin percaya dengan toko online Anda. Cantumkan alamat tersebut bila Anda memilikinya.

Dengan akun bisnis, kamu bisa memasukkan link di bio yang bisa men-direct ke website atau chatting messenger. Ini akan memudahkan pelanggan buat berbelanja di web atau langsung memesan barang lewat Whatsapp, Line, dan lain-lain.

Buatlah Call to Action (CTA) yang mengarahkan customer langsung kearah URL website / blog /toko kita di market place yang tentunya harus sudah kita kelola dengan baik. Pada tujuan link tersebutlah kita berikan penjelasan lengkap terkait produk yang kita tawarkan.

[C] Model Link Khusus yang menggunakan Shortlink atau Memperpendek URL. 

Shortlink ini berguna untuk mempersingkat alamat profil Facebook ataupun alamat toko online Anda agar tidak terlalu panjang dan terlihat lebih profesional bila dimasukkan ke bio Instagram.

Anda juga bisa menggunakan shortlink ini untuk mengganti kontak LINE atau WA Anda dengan direct chat. Artinya, calon pembeli tidak usah repot-repot mencatat kontak usaha kita. Tinggal klik, lalu diarahkan ke aplikasi seperti WA dan LINE

Jenis 3 - Ajakan untuk Menerima Penawaran Tertentu

Ajakan untuk menerima penawaran tertentu ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kata tergantung onlin shop masing - masing. Ajakan CTA seperti ini yang menurut kami harus di terapkan oleh pelaku online shop.

Penawaran tertentu tersebut bisa berupa gratis ongkir, gratis bayar di tempat, potongan harga tertentu serta berbagai model penawaran lainnya yang bisa di tawarkan oleh suatu olshop untuk mempengaruhi customer untuk berinteraksi.

Langkah 4 : Mengidentifikasi 4 Fungsi CTA pada Bio Olshop Instagram

Saat membuat deretan kata - kata ajakan pada bio instagram setidaknya kita usahakan agar bisa memenuhi fungsi - fungsi berikut :
  • Mempererat hubungan emosional antara olshop dan customer

  • Meningkatkan engagement (keterlibatan pengunjung) terhadap olshop

  • Menggiring pengunjung untuk melakukan transaksi

  • Mengubah  (mengkonversi) pengunjung menjadi pembeli


Langkah 5 : Menganalisa 4 Contoh Kasus Penggunaan CTA Pada Bio Olshop Instagram

Contoh Kasus 1 :

"Suatu online shop instagram mau memberikan promo gratis ongkir pada customernya di instagram"

Pembahasan :
Kalau kita yang memberikan fasilitas gratis ongkir pada olshop kita di instagram, maka bisa - bisa olshop ig kita yang akan mengalami kerugian karena harus membayarkan biaya ongkir dari pesanan customer di instagram olshop kita.

Banyak olshop di instagram yang mencoba menyiasati dengan menaikkan harga jasa / produk olshop nya lalu selisih harga yang dinaikkan digunakan untuk menutupi biaya jasa gratis ongkir yang di promosikan olshop tersebut di instagram.

Namun, hal tersebut bisa menyebabkan harga produk / jasa olshop kita menjadi mahal dan bisa - bisa olshop ig kita kalah bersaing di social media instagram misalnya.

Salah satu solusi yang paling umum dilakukan oleh pemilik olshop ig ialah dengan cara memberi penarawan kepada customer instagram kita untuk berbelanja di toko online kita yang berada pada suatu marketplace misalnya untuk memperoleh bonus gratis ongkir.

Sehingga customer olshop ig kita tetap mendapatkan fasilitas gratis ongkir dan kita sebagai pemilik online shop instagram juga tetap menerima keuntungan full untuk jasa / produk yang olshop kita tawarkan kepada costomer.

Hal tersebut di sebabkan karena market place tersebut yang membayarkan biaya ongkirnya. Marketplace tersebut juga tetap mendapat keuntungan berupa pengguna baru serta transaksi yang terjadi pada marketplace tersebut.

Berdasarkan contoh diatas, pemilik olshop ig pada dasarnya tidak perlu mengeluarkan modal uang melainkan mengeluarkan modal tenaga berupa penyiapan akun pada market place serta menyiapkan hal - hal yang di butuhkan untuk kelancaran operasioal olshop tersebut pada marketplace yang di daftarkan.

Kekurangan contoh kasus pertama ini ialah customer biasa masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan pembayaran pesanan online pada marketplace,namun hal tersebut masih bisa di siasati dengan menyiapkan panduan untuk customer agar customer bisa dengan mudah menyelesaikan pembayarannya.

Contoh Kasus 2 :

"Suatu online shop mau memberikan fasilitas COD pada customernya"

Pembahasan :
Kalau kita sebagai olshop instagram yang memberikan fasilitas bayar di tempat atau cash on delivery (COD) melalui media instagram, maka bisa - bisa olshop ig kita akan mengalami kerugian karena harus manyiapkan kurir untuk mengantarkan pesanan online customer di instagram.

Salah satu solusi paling umum ialah meminta customer untuk mengorder sendiri jasa pengantaran ojek online seperti Go-Jek ataupun Grab, sehingga online shop tersebut tinggal menyiapkan pesanan customer lalu ojek online yang akan mengantarkan pesanan customer tersebut.

Kekurangan contoh diatas ialah costomer relatif membayar ongkir yang cukup tinggi pada biaya ongkos kirim (jasa antar) yang digunakan.

Contoh Kasus 3 :

"Suatu online shop mau memberikan fasilitas Gratis COD pada customernya"

Pembahasan :
Kalau kita yang memberikan secara gratis fasilitas bayar di tempat atau cash on delivery (COD) pada olshop instagram kita, maka bisa - bisa olshop ig kita yang akan mengalami kerugian karena harus manyiapkan kurir yang kita bayar untuk mengantarkan pesanan online customer di olshop instagram.

Salah satu solusi yang paling umum dilakukan oleh pemilik olshop ig ialah dengan cara mengarahkan customer instagram untuk mengorder melalui toko online kita yang berada pada marketplace yang memiliki fasilitas promo gratis ongkir sekaligus bayar di tempat.

Sehingga customer bisa mendapatkan fasilitas bayar di tempat (COD) secara gratis tanpa mengeluarkan biaya selain biaya jasa / produk yang dibelinya. Kita sebagai pemilik online shop juga tetap menerima keuntungan full untuk jasa / produk yang olshop kita tawarkan kepada costomer

Hal tersebut bisa terjadi karrena market place tersebut yang membayarkan biaya ongkirnya. Marketplace tersebut juga tetap mendapat keuntungan berupa pengguna baru serta transaksi yang terjadi pada marketplace tersebut.

Contoh Kasus 4 :

"Suatu online shop mau memberikan konten edukasi berupa panduan gratis membuka online shop"

Pembahasan :
Solusi yang bisa kita ambil ialah bisa membuat tulisan di website ataupun membuat video edukasi yang spesifik sesuai dengan niche (minat/kesenangan) para follower akun olshop tersebut.

Langkah 6 - Ulasan Jenis & Kriteria Konten Gratis untuk CTA Pada Bio Olshop Instagram

Call to Action (ajakan untuk bertindak) pada customer kita tempatkan pada bio instagram online shop. Ajakan tersebut dalam bentuk kata - kata kepada customer agar mau bertindak.

Mempengaruhi customer agar mau melakukan sesuatu tentunya dibarengi dengan suatu penawaran tertentu yang bisa memicu customer agar mau mengambil tindakan.Memberikan konten gratis merupakan salah satu bentuk penawaran tanpa modal uang yang bisa kita tawarkan kepada cutomer.

Jenis Konten gratis yang bisa olshop tawarkan kepada pengunjung :

  > Konten Edukasi
  > Konten Hiburan
  > Konten Utilitas

Kriteria Konten Gratis hendaknya memenuhi :

  > Ada manfaat yang dapat diperoleh oleh custumer
  > Sesuai dengan minat spesifik (se-Niche) dengan follower online shop tersebut

Langkah 7 - Menghindari penggunaan CTA Lagu Lama pada Bio Olshop Instagram

Hingga November 2019 Jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61,6 juta pengguna menurut laporan terbaru dari NapoleonCat.

Begitu banyak pengguna instagram tentunya akan di ikuti juga dengan banyaknya online shop yang bermunculan . . .

Oleh sebab itu, lagu - lagu lama kata ajakan seperti contoh dibawah ini sedikit banyak sudah tidak relevan lagi untuk mengkait customer agar terpikat dengan olshop kita.

Contoh CTA Lagu Lama yang sering kita temui pada deretan kata - kata bio instagram olshop diantaranya :

  • Mengajak Follow for follow
  • Menulis Panjang Lebar expedisi yg digunakan
  • Hadiah khusus untuk follower !
  • Olshop harga termurah

Mengapa harus menghindari CTA Lagu Lama ?

Karena sebagian besar olshop ig akan menggunakan kata - kata ajakkan tersebut pada online shop masig - masing. Sehingga, dibutuhkan model - model kata ajakan baru yang efektif dan belum banyak digunakan sesuai ilmu - ilmu online yang di paparkan di atas.

Simpulan

Setelah menyimak pemaparan 7 Langkah yang dibahas panjang lebar di atas...

...mulai dari menyiapkan mindset (pola pikir) lalu di ikuti dengan pemahaman kriteria, jenis dan fungsi masing - masing kata ajakan (CTA) disertai 4 contoh kasus penggunaan kata ajakan (CTA)...

...diharapkan kawan - kawan semua sudah bisa menempatkan kata ajakan (CTA) yang tepat pada bio instagram online shop masing - masing agar jualan online kawan - kawan insyaAllah bisa laris manis di Instagam.

Penutup

Mohon Maaf atas segala kesalahan yang terdapat pada postingan ini. Semoga ada manfaat yang bisa di peroleh setelah membaca postingan ini.

Terima Kasih

Adbox