Minggu, 05 April 2020

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Penggunaan 3 Informasi | Indonesia Info Berita Terbaru


Semua online shop memiliki tulisan bio pada olshop nya, namun tidak semua olshop memahami optimasi pada bio instagram berdampak pada penjualan online shop tersebut.

Salah satu optimasi pada akun online shop ialah pada bagian bio instagram atau deskripsi. Terutama pada akun olshop instagram, bagian bio ig atau deskripsi tampil di awal membuat keberadaannya semakin penting untuk di optimasi.

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Penggunaan 3 Informasi

Tiga informasi yang menjadi modal optimasi kali ini diantaranya :

 1. Penggunaan Informasi Deskripsi yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online

 2. Penggunaan Informasi Kontak yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online

 3. Penggunaan Informasi Keunggulan yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online

Sebelum kita membahas secara lengkap dari tiap informasi di atas, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui arti kata persuasi.

Persuasi menurut wikipedia adalah komunikasi yang digunakan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Melalui persuasi maka online shop mencoba berusaha memengaruhi kepercayaan dan harapan pengunjung untuk menjadi pembeli setia pada olshop tersebut.

1. Penggunaan Informasi Deskripsi yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online


Bio brand olshop ig harus menjelaskan tentang bagaimana olshop tersebut, apa yang online shop tersebut lakukan, menyampaikan kepribadian unik brand olshop, dan menggunakan bahasa yang di targetkan untuk menunjukkan kepada customer toko online tersebut bahwa mereka telah datang ke tempat yang tepat.



Saat membuat deretan kata - kata bio olshop tidak boleh asal-asalan, harus terstruktur rapi agar semua informasi jelas, karena bio juga berfungsi untuk pengenalan siapa Anda, produk apa yang Anda jual dan sebagai identitas toko online Anda.

Penulisan bio online shop hendaknya selalu menggunakan perinsip persuasif (mempengaruhi) customer. Tujuan persuasif yang ingin dicapai diantaranya :

  • Mengingkatkan Kredibilitas di mata customer
  • Menambah Kepercayaan customer 
  • Customer merasa mendapatkan sesuatu
  • Terlihat Profesional di mata pengunjung

Contoh bio online shop di instagram pada gambar di atas bisa menjadi inspirasi pembagian struktur deretan kata - kata bio olshop ig.

Customer malas membaca teks yang panjang. Oleh sebab itu, buatlah penjelasan sesingkat mungkin yang mencakup seluruh informasi penting tentang online shop anda.


Bio olshop instagram Anda harus menyertakan deskripsi tentang bisnis jualan Anda karena bio ig tersebut yang kemudian berbicara kepada pengunjung Anda. Buat mereka tahu persis dan memahami apa yang olshop Anda tawarkan.

Contoh bio instagram untuk olshop pada gambar di atas, menunjukkan penggunaan kategori instagram "Shopping & Retail" dimanfaatkan untuk menjelaskan kata sebelumnya "Online Shop Makassar" dan juga sebagai penjelas kata setelahnya "Sejak 2012".

Penulisan "Sejak 2012" membuat gambaran pada benak sisi pembeli bahwa online shop ini sudah beroperasi sejak lama sehingga diharapkan bisa menambah kepercayaan customer instagram untuk berbelanja.

Penggunaan kategori "Shopping & Retail" pada contoh bio ig di atas diharapkan bisa membuat olshop tampil profesional di mata customer.

Penulisan "Online Shop Makasssar" pada contoh bio di atas diharapkan bisa menyampaikan pesan lokasi pada customer.

Bisa juga mempersuasi customer yang sekota untuk merasakan adanya kedekatan emosional dengan olshop tersebut (se-Kota loh sis!) sekaligus menjadi kata kunci saat customer melakukan pencarian di Instagram.

Contoh bio di atas sangat singkat, hanya menggabungkan antara "Online Shop Makassar" , "Shopping & Retail" dan "Sejak 2012" sudah bisa diharapkan melakukan berbagai tujuan persuasi pada customer.

Selain fungsi persuasif, berdasarkan contoh bio instagram bisnis di atas, bisa di peroleh informasi panjang berupa :

"online shop tersebut berlokasi di Kota Makassar melakukan proses jual beli online secara retail yang telah dilakukan sudah cukup lama sejak 2012."

Bio Online Shop diharapkan bisa memberikan informasi yang jelas, ringkas, padat, dan benar - benar menjelaskan produk atau layanan yang di tawarkan oleh bisnis online yang sedang di jalankan.

Buatlah kalimat yang singkat, jelas, dan langsung tidak perlu yang berlarut-larut dan panjang lebar.

Bio Instagram menyesuaikan niche (minat spesifik follower). Pastikan biografi di profil olshop anda sesuai dengan niche (minat spesifik follower) bisnis anda, supaya mempermudah orang dalam mencari online shop anda .

2. Penggunaan Informasi Kontak yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online

Online Shop bisa saja mencantumkan lebih dari satu kontak sehingga pengunjung menjadi yakin dan percaya kepada olshop tersebut. Penambahan icon di samping informasi kontak dan alamat pada bio instagram bisa menambah kesan rapi, keren, dan menarik.

Menyertakan informasi kontak pada bio instagram adalah wajib.

Bayangkan bila customer tertarik dengan produk atau layanan olshop tersebut dan ingin menghubungi online shop tersebut,

namun bingung bagaimana caranya menghubungi olshop itu?


Kontak pada deretan kata - kata bio hendaknya mempersuasi customer untuk menghubunginya. Persuasi untuk menghubungi kontak olshop kita sangatlah penting, walaupun customer tersebut tidak membeli, minimal customer saat menghubungi whatsapp kita tentunya telah menyimpan nomor watsapp olshop kita.

Customer yang telah menyimpan nomor whatsapp kita (olshop) akan bisa melihat update status whatsapp kita. Jadi, bisa di proses lebih lanjut melalui status - status whatsapp.

Contoh bio untuk online shop di atas menunjukkan penulisan nomor whatsapp dikuti dengan kata COD mempersuasi customer yang senang belanja COD untuk tertatik pada olshop tersebut bahkan bisa - bisa menyimpan nomor whatsapp olshop tersebut.

Isi profil bisnis Anda di bio instagram, secara jelas dan singkat. Cantumkan kontak yang bisa dihubungi, mulai dari nomor telepon, alamat, email, maupun website bisnis Anda. Informasi kontak olshop yang bisa di hubungi oleh customer apabila ingin bertanya tentang produk ataupun ingin mengorder produk olshop tersebut.


Contoh bio untuk online shop di atas menampilkan berbagai informasi yang dimasukkan kedalam deretan kata - kata bio instagram dengan berbagai fungsi dan tujuan.

Customer netizen Indonesia cenderung lebih senang mencari kontak untuk order atau tanya -tanya dibanding melihat - lihat sendiri pada profil olshop instagram maupun website.

Memahami kebiasaan customer merupakan sifat wajib yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online laris. Oleh sebab itu, pada bio olshop laris wajib menyertakan kontak yang bisa dihubungi oleh customer untuk berkomunikasi dengan online shop tersebut.

3. Penggunaan Informasi Keunggulan yang Tepat pada Bio Instagram Jualan Online

Menonjolkan pada bio instagram akan hal utama yang membedakan online shop tersebut dibandingkan dengan olshop lainya, bisa juga diperoleh dengan menjawab pertanyaan :

"Apa yang membedakan olshop instagram kita dari olshop kebanyakan?"


Pada bio instagram bisa kita tonjolkan kelebihan kita dibadingkan kompetitor, maupun kelebihan - kelebihan yang sebenarnya juga dimiliki oleh olshop lain.

Contoh bio untuk jualan online di atas menunjukkan kelebihan berupa layanan bayar di tempat / Cash On Delivery (COD) yang sebenarnya juga dimiliki oleh olshop lain. Walaupun kelebihan tersebut juga dimiliki oleh olshop lain, tidak menjadi masalah untuk tetap di sertakan pada kata - kata bio olshop instagram.


Jika olshop anda pernah mendapatkan penghargaan dan sebagainya maka anda dapat menyebutkan di bio untuk menaikkan nilai kredibilitas brand.

Contoh bio online shop instagram di atas menampilkan tulisan telah menerima "SulSel BusinessAward" bisa menjadi persuasi terhadap customer untuk menaikkan nilai kredibilitas online shop tersebut.


Jika olshop anda memiliki aplikasi yang bisa di unduh di playstore maka dapat juga dimasukkan pada bio ig olshop untuk menambah kepercayaan customer.

Contoh bio instagram bisnis di atas menampilkan tulisan "download tokotamz di Play store" menjadi persuasi kepada customer untuk menampilkan profesionalitas dan keterpercayaan dari online shop yang memiliki aplikasi.

Dengan ini, secara tidak langsung para customer di Instagram akan mendapatkan kesan bahwa bisnis anda lebih profesional. Kesan awal pada customer sangatlah penting.

Oleh sebab itu, kita setidaknya menuliskan sebuah kelebihan olshop kita, walaupun kelebihan tersebut juga dimiliki oleh olshop lainnya.


Promo bisa jadi salah satu keunggulan yang dimasukkan pada bio. Olshop dapat menambahkan informasi promo dalam caption atau di Instagram Stories, mengajak pengguna untuk mengklik tautan link di bio Anda untuk mengambil keuntungan dari penawaran yang ditawarkan.

Contoh bio untuk olshop di atas menampilkan promo / penawaran tips & trik gratis yang diberikan kepada customer yang membuka website online shop tersebut, sehingga menjadi persuasi tersendiri pada customer akan ajakan penawaran maupun kredebilitas online shop yang memiliki website. Memiliki website dan aplikasi bisa menjadi tolak ukur di mata customer akan kesan terpercaya, profesional dan memiliki kredibilitas tinggi.

Jualan online laris tidak bisa diperoleh dengan hanya menerapkan satu langkah optimasi. Pemilik Online Shop harus memanfaatkan setiap aspek yang bisa di optimasi pada akun olshop yang sedang di jalankan.

Oleh karena itu, kami senantiasa berusaha terus - menerus membagikan berbagai cara membagun online shop agar bisa diterapkan pada online shop masing - masing.

Mohon Maaf atas segala kesalahan yang terdapat pada postingan ini. Semoga ada manfaat yang bisa diperoleh setelah membaca postingan ini.

Terima Kasih

Adbox