Selasa, 31 Maret 2020

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Hashtag | Indonesia Info Berita Terbaru

Optimasi Instagram Jualan Online Modal Hashtag

Saat customer membuka akun instagram suatu olshop . . .
Hal apa yang paling terlihat di awal selain foto profil (DP) olshop tersebut ?

Ya benar, Bio Instagram merupakan hal pertama yang kemungkinan menjadi landasan mendarat mata pembeli saat membuka profil suatu olshop instagram.

Bio Instagram menjadi kesan pertama customer terhadap suatu akun jualan online di instagram.

Ingat ! Kita tidak akan mendapatkan kesempatan ke dua untuk membangun kesan pertama . . .

Pentingnya online shop untuk menjaga kesan pertama dengan customer membuat deretan kata - kata bio instagram olshop tidak bisa di isi secara asal - asalan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan kami berikan secara gratis cara optimasi olshop di instagram modal hashtag di sertai pengaplikasian contoh bio instagram jualan online menggunakan hashtag.

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Hashtag

Pernah mencoba mencari produk atau informasi tertentu di Instagram dengan cara mengetikkan kata di kotak pencarian instagram?


Biasanya, langkah ini akan menghubungkan hasil pencarian pada akun-akun yang berhubungan (relevan).

Muncul di bagian teratas pencarian instagram merupakan harapan pemilik olshop, benar begitu?


Untuk menggenjot agar akun olshop muncul di bagian teratas pencarian, maka salah satu trik yang bisa dilakukan ialah dengan menyertakan hashtag di bio olshop.

Menempatkan hashtag yang tepat pada bio olshop kita bertujuan agar kemungkinan akun kita dapat dengan mudah di temukan pada pencarian instagram semakin besar.


Namun, hal itu tentunya harus di kombinasikan dengan memberikan kesan pertama pada customer dan bukan hanya sekedar menggunakan hashtag.

Sebelum masuk di 3 Langkah Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Hashtag, ada baiknya kita lihat terlebih dahulu 2 jenis penggunaan hashtag pada olshop.

2 Jenis Penggunaan Hashtag pada Olshop 


Jenis 1 : Hashtag Populer
Jenis 2 : Hashtag Buatan Sendiri

Jenis 1 : Hashtag Populer

Menggunakan hashtag yang sudah populer bertujuan untuk mendatangkan traffic dari orang - orang yang mencari hashtag tersebut.

Namun menggunakan hashtag yang sudah populer memiliki kelemahan tersendiri. Hashtag yang populer membuat postingan anda akan mudah tenggelam jika di cari orang melalui kolom pencarian.

Jenis 2 : Hashtag Buatan Sendiri 


Hashtag buatan sendiri kecil kemungkinan akan mendatangkan traffic pada sosmed anda di awal, tentunya karena belum ada orang yang tahu akan hashtag tersebut.

Hashtag ini akan menjadi investasi online tersendiri pada branding online shop yang sedang anda bangun.

Customer bisa mulai menggunakan hashtag tersebut, entah untuk mengumpulkan semua foto yang berhubungan dengan produk anda maupun testimoni penggunan produk anda.


3 Langkah Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Hashtag

Langkah 1 : Temukan hashtag yang sesuai dengan online shop kita
Langkah 2 : Tentukan hashtag yang ingin di gunakan pada bio olshop kita
Langkah 3 : Tempatkan hashtag di antara deretan kata - kata pada bio ig

Langkah 1 : Temukan hashtag yang sesuai dengan online shop kita


Lakukan riset untuk menemukan hashtag yang pas dan banyak dicari orang agar olshop Anda bisa cepat naik di pencarian instagram.

Salah satu tools yang dapat kita gunakan untuk menemukan hashtag yang populer ialah meggunakan All-Hashtag.


Buka website All-Hashtag


Masukkan kata kunci yang ingin kita temukan hashtag nya.


Contoh kata - kata yang kita masukkan pada pencarian kali ini ialah kata Makassar.

"Mengapa kita masukkan nama kota ?"

Karena menurut pengalaman kami sebenarnya simple nya kita tidak perlu fokus menjual ke seluruh wilayah Indonesia. Kita cukup fokus saja berpromosi sekitaran wilayah kota kita.

Lalu setelah mulai banyak respon positif dari customer yang se-kota dengan olshop kita, maka akan muncul customer dari kota lain di luar wilayah online shop kita yang akan bertanya setelah melihat respon - respon customer yang sekota dengan kita.

Semakin banyak testimoni COD (Bayar di Tempat) yang dilakukan oleh customer yang se-wilayah dengan kita, maka akan semakin mudah untuk membuat customer yang tidak se-wilayah dengan online shop kita untuk percaya dan berbelanja pada olshop kita.


Pencet lingkaran dengan tulisan top untuk menemukan hashtag yang popular di instagram berdasarkan kata kunci yang kita masukkan.


Hasil pencarian akan menampilkan 30 hashtag popular berdasarkan kata kunci yang kita masukkan. Kita hanya membutuhkan 1-4 hashtag yang akan di tempatkan pada deretan kata - kata bio olshop kita.

Namun, hashtag ini akan tetap kita butuhkan untuk di gunakan pada caption tiap postingan kita. Jadi cara ini juga yang akan di gunakan pada saat mau memasukkan hashtag untuk caption postingan instagram.

Langkah 2 : Tentukan hashtag yang ingin di gunakan pada bio olshop kita


Tentukan hashtag apa yang ingin kita gunakan pada bio ig olshop kita. Masukkan kata kunci lainnya untuk menemukan hashtag lain menggunakan cara pada langkah 1 di atas.

Langkah 3 : Tempatkan hashtag di antara deretan kata - kata pada bio ig


Menempatkkan hashtag pada bio instagram hendaknya tidak dilakukan secara asal -asalan. Kita harus mempertimbangkan faktor estetika serta fungsi etika  menempatkan hashtag pada bio instagram olshop.

contoh penempatan hashtag pada deretan kata - kata bio instagram bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.


Contoh Hashtag pada deretan kata - kata bio instagram, bisa kita lihat nomor 1 di ataas ada dua hashtag yang digunakan yaitu hashtag Online Shop dan Hashtag Makassar.

Hashtag Online Shop dimasukkan pada bio instagram seperti yang terlihat pada contoh nomor satu di atas bukan hanya sekedar hashtag yang berdiri sendiri seperti biasa, tetapi hashtag tersebut juga diharapkan menjalankan fungsi :

  • Sebagai penjelas kata sebelumnya
  • Warna biru pada tulisan hashtag menarik perhatian mata customer
  • Mengkategorikan ig ini sebagai Instagram OnlineShop
  • Menjalankan fungsi hashtag biasa

Hashtag Makassar dimasukkan pada posisi tersebut sesuai contoh bio instagram olshop di atas bukan hanya sekedar berdiri sendiri sebagai hashtag biasa, melainkan hashtag tersebut juga diharapkan menjalankan fungsi :

  • Sebagai penjelas kata sebelumnya
  • Lokasi kota dari olshop tersebut
  • Warna biru pada tulisan hashtag menarik perhatian mata customer
  • Menjalanka fungsu hashtag biasa
Gabungan Hashtag Online Shop dan hashtag Makassar di tempatkan berdampingan sesuai contoh bio instagram olshop di atas tidak hanya sebagai hashtag biasa, tetapi diharapkan juga bisa menjalankan fungsi :

  • Sebagai kata kunci untuk hasil pencarian "online shop makasssar"
  • Penjelasan kepada customer bahwa ini online shop makassar


Hashtag Gratis ditempatkan pada posisi tersebut sesuai contoh bio instgram olshop di atas tidak hanya sebagai hashtag biasa, tetapi diharapkan juga bisa menjalankan fungsi :

  • Penjelas kata setelahnya
  • Sebagai ajakan untuk bertindak / Call to Action (CTA)
  • Penarik perhatian customer akan penawaran gratis
  • Warna biru pada hashtag menarik perhatian mata


Tampilan contoh bio instagram di atas memperlihatkan pada kita bahwa bio instagram saat sekarang ini hanya menampilkan setengah dari panjang keseluruhan bio ig tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mengatur sedemikian rupa deretan kata - kata bio tersebut agar pengunjung akun kita tertarik untuk memencet tombol "berikutnya" sesuai tanda panah merah pada contoh bio ig olshop di atas.


Gambar di atas menampilkan contoh bio ig sebelum di klik kata "berikutnya" dan setelah kata "berikutnya" di klik. Kurang lebih hanya setengah dari panjang keseluruhan bio instagram kita yang di tampilkan.

Selebihnya deretan kata - kata pada bio ig olshop kita akan ditampilkan setelah kata berikutnya di klik oleh pengunjung.

Efek Hashtag pada Deretan Kata - Kata Bio Instagram Olshop

Meskipun banyak yang berpendapat menulis hashtag pada deskripsi bio bisa meningkatkan jangkauan promosi, namun nyatanya tak begitu berpengaruh.

Malah, akun bisnis yang menempatkan hashtag terlalu banyak, cenderung terlihat seperti akun abal-abal.

Penggunaan hashtag yang tidak tepat pada bio instagram olshop bisa berdampak fatal pada akun instagram / sosmed kita. Penggunaan hashtag yang terlalu banyak atau tidak relevan pada bio instagram bisa menyebabkan akun kita di shadow banned bahkan di-suspend oleh instagram maupun pada sosmed lainnya.

Walaupun penggunaan hashtag pada bio instagram tidak terlalu memiliki efek signifikan pada kemunculan suatu olshop pada pencarian instagram, namun semua aspek tetap harus di gunakan. Online shop laris harus memanfaatkan semua peluang yang ada.

Efek lain yang bisa kita manfatkan sesuai penjelasan contoh di atas kurang lebih dapat kita simpulkan :

  1. Hashtag pada bio instagram akan berwarna biru, sehingga bisa kita fungsikan untuk menarik perhatian pengunjung pada kata - kata yang ingin kita tonjolkan pada deretan kata - kata di bio instagram olshop kita.
  2. Hashtag pada bio instagram bisa kita fungsikan sebagai penjelas kata sebelum maupun sesudah hashtag tersebut.
  3. Sebagai penekanan pada kata ajakan (CTA) terhadap customer
  4. Sebagai pengkategorian akan akun instagram tersebut.
Ketika kita menginginkan online shop instagram kita laris manis, kita hendaknya terus menerus melakukan berbagai upaya optimasi bukan hanya pada satu aspek saja (bio ig misalnya), tetapi kita harus terus menerus mencari akan hal lain apa lagi yang bisa kita optimasi pada olshop ig kita agar bisa laris manis tentunya.


Mohon Maaf atas segala kekurangan yang terdapat pada postingan ini.

Semoga ilmu optimasi yang di tuangkan pada postingan ini bisa bermanfaat & menambah omset penjualan online shop instagram kawan - kawan semua. Amin

Terima Kasih

Bonus Video 1 :

Optimasi Font Instagram (App Font) bisnis online


Pada video di atas kami tampilkan panduan cara mengubah font tulisan pada bio instagram olshop, sehingga di harapkan contoh bio olshop instagram pada video di atas bisa membual olshop kawan - kawan semakin laris

Bonus Video 2 :

Cara Mudah Ganti Font Instagram Tanpa Aplikasi


Pada video di atas menunjukkan cara memasang / mengubah font tulisan pada online shop instagram instagram kawan - kawan. Cara yang di tunjukkan pada video di atas tidak menggunakan aplikasi tambahan apapun sehingga bisa dengan mudah untuk di praktekkan pada olshop instagram kawan - kawan.


Adbox