Jumat, 20 Maret 2020

Panduan Praktis Optimasi Nama Olshop (Online Shop) dan Contohnya | Indonesia Info Berita Terbaru

panduan praktis optimasi nama olshop

Kita tentunya bertanya - tanya bagaimana cara  jualan online agar banyak yang minat ? Namun disisi lain kita sering mengabaikan hal-hal sepele saat memulai bisnis online dan hanya fokus pada benda apa yang paling laku untuk di jual ? Berujung kita merasa jualan di instagram kok sepi ?

Hal di atas merupakan tanda bahwa online shop kita butuh di optimasi agar banyak yang minat dan optimasi pada online shop tanpa modal biaya jadi tinggal di praktekkan saja!


Panduan Praktis Optimasi Nama Online Shop Ini (Step by Step) dipaparkan menjadi beberapa langkah :

Langkah 1 : Cek hal - hal yang perlu dihindari pada Nama Online Shop
Langkah 2 : Cek Hal - hal yang perlu perhatikan pada Nama Online Shop
Langkah 3 : Ketahui jenis - jenis Nama Online Shop
Langkah 4 : Jenis  Nama Online Shop yang paling tepat untuk online shop

Bonus 1 :
Trik Membuat Nama Online Shop  Jenis Kata Kunci
Bonus 2 : Trik Membuat Nama Online Shop Jenis Gabungan
Bonus 3 : 2 Video Panduan Praktis Optimasi Nama Olshop (Online Shop)

Panduan Praktis Optimasi Nama Olshop (Online Shop) dan Contohnya
panduan praktis optimasi nama olshop (1)

Memulai bisnis online dari nol tanpa modal dan mengharapkan agar jualan online laris manis merupakan impian kita semua saat mulai daftar jualan online di berbagai sosial media. Benar kan ? kalau memang seperti itu, maka artikel ini sangat tepat karena kami akan membahas masing - masing langkah dengan lengkap sehingga bisa langsung di praktekkan pada online shop kita.

Langkah 1 : Cek hal - hal yang perlu dihindari pada Nama Online Shop

1. Hindari Penggunaan Angka

Hindari Penggunaan Angka pada Nama Olshop

Penggunaan angka pada Nama Online Shop / Username membuat kesan tidak terpercaya alias abal - abal. Membuat customer percaya merupakan dasar ilmu jualan. Oleh karena itu, penggunaan angka harus dihindari pada nama online shop agar banyak yang minat alias laris.

2. Hindari Penggunaan Garisbawah ( _ )

Hindari Penggunaan Garisbawah ( _ ) pada Nama Olshop

Layaknya penggunaan angka yang dapat membuat online shop terasa tidak terpercaya, maka hal itu berlaku pula pada tanda garis bawah. Selain itu, tanda garis bawah membuat online shop tersebut sulit untuk di ucapkan kepada orang lain, karena akan sedikit repot menjelaskan garis bawah atau garis datar. Hal-hal tersebut malah menambah citra tidak serius yang wajib dihindari.

3. Hindari Penggunaan Tanda Hubung (-)

Hindari Penggunaan Tanda Hubung (-) pada Nama Olshop

Akan repot menjelaskan garis bawah atau garis datar. Hal-hal tersebut malah menambah citra tidak serius yang wajib dihindari. Selain itu, tanda hubung identik dengan tanda kurang, online shop di buat untuk menghasilkan kelebihan dan bukan citra kekurangan.

4. Hindari Penggunaan Kata Berulang

Hindari Penggunaan Kata Berulang pada Nama Olshop

Kata berulang hendaknya di hindari karena bisa menciptakan sebuah kebingungan pada customer ataupun mudah untuk terlupakan pada perulangannya.

5. Hindari Penggunaan Huruf yang sama

Hindari Penggunaan Huruf yang Sama pada Nama Olshop

Huruf yang sama misalnya tokotamzz tapi z nya di akhir ada dua, akan sulit di jelaskan maupun untuk di ingat, sehingga customer kita akan cenderung lupa lalu tidak berbelanja lagi.

6. Hindari Penggunaan Nama Kota

Hindari Penggunaan Nama Kota pada Nama Olshop

Nama kota sebaiknya di tulis di kolom alamat dan bukan untuk di jadikan bagian dari nama online shop kita. Banyak online shop yang menggunakan nama kota pada nama online shop nya padahal hal tersebut malah menambah panjang saja pada nama online shop itu, dan hal - hal yang panjang cenderung mudah di lupakan.

Langkah 2 : Cek Hal - hal yang perlu perhatikan pada Nama Online Shop

Cek Hal - hal yang perlu perhatikan pada Nama Online Shop

1. Nama Online Shop hendaknya simple, menarik dan mudah saat di ucapkan


Buat nama online shop yang mudah di ucapkan karena nama online shop yang sulit untuk diucapkan maupun dieja akan membingungkan customer serta akan meningkatkan kemungkinan terjadi salah ketik sehingga customer tidak sampai pada online shop kita.

Salah ketik bisa membuat online shop kita tidak terlihat di hasil pencarian google, sehingga bisa-bisa customer yang tadi nya mau berbelanja di online shop kita malah mangkir entah kemana.

2. Nama Online Shop hendaknya harus terasa profesional dan sopan

Nama Online Shop hendaknya harus terasa profesional dan sopan

Kita mungkin ingin mencoba suatu nama yang sedang populer atau ingin tampil beda sehingga menarik perhatian customer tetapi menggunakan kata-kata yang menyinggung. Hidari penggunaan trik-trik semacam itu, karena online shop tentunya ingin kita gunakan secara jangka panjang.

Menggunakan nama kontroversial mungkin akan menarik perhatian secara drastis di awal, namun kita kemungkinan akan kehilangan pelanggan jangka panjang.

3. Nama Online Shop hendaknya Jelas, Singkat dan Tidak Ambigu


Memiliki online shop dengan nama jelas, singkat dan tidak ambigu membuat online shop tersebut mudah saat di promosikan dan berdampak pada penghasilan online shop tersebut.

4. Nama Online Shop hendaknya Maksimal 2 Kata

Nama Online Shop hendaknya Maksimal 2 Kata

Membuat nama online shop hendaknya memilih nama yang pendek maksimal 2 kata. Online Shop yang memiliki nama yang pendek cenderung lebih mudah untuk diingat. Maksimal 2 kata bisa menjadi patokan saat membuat nama online shop.

5. Nama Online Shop hendaknya sama di semua akun social media yang di gunakan

Nama Online Shop hendaknya sama di semua akun social media yang di gunakan

Username yang seragam pada semua social media yang kita gunakan minimal akan menunjukkan keseriusan dan profesional online shop kita dalam menjalankan bisnis. Customer tentunya cenderung ke penjual yang tampil profersional dibandingkan dengan online shop asal-asalan kan?

Langkah 3 : Ketahui Jenis - Jenis Nama Online Shop

Ketahui Jenis - Jenis Nama Online Shop

1. Nama Online Shop / Username brand atau merek yang dibuat sendiri


    Jenis Username ini bisa di gunakan oleh kawan-kawan yang sedang merintis brand sendiri (branding). Jenis Username brand pada akun online shop memiliki kelebihan dapat digunakan secara jangka panjang. Namun, kelemahannya ialah terutama untuk kawan-kawan yang baru memulai harus menempuh langkah panjang, karena belum ada orang yang mengetahui brand online shop kita.

    Username jenis brand menuntut pemilik online shop aktif mempromosikan brand online shopnya. Kelebihan lainnya ialah menjadi investasi jangka panjang pemilik online shop pada brand yang dibangun dari awal. Sehingga, ketika brand tersebut sudah cukup terkenal maka customer akan berbelanja karena mengenal brand nya dan bukan karena produk lagi.

Harus kita sadari bahwa kita cenderung lebih senang berbelanja di tempat yang tentunya sudah kita kenal bukan ? inilah yang menjadi pokok utama kelabihan user name brand.

    Sebagai contoh yang termasuk dalam Username brand :

    @LiputanMakassar , @MYNTcatalogue dll

2. Nama Online Shop / Username Kata Kunci


    Jenis Username (nama pengguna) ini bisa digunakan oleh kawan - kawan yang mengejar traffic dalam waktu singkat. Username ini berisi kata kunci (keyword) yang sering orang cari ketika orang mengetik di kotak pencarian. Kita tinggal mencari apa - apa saja kata kunci yang tepat untuk produk jualan online kita, lalu kita gunakan yang dirasa paling pas dengan produk online kita. Intinya ketika orang mencari (searching) maka akun online shop kita muncul sebagai hasil pencarian.

    Kelebihan Username jenis ini ialah cenderung lebih mudah dalam mendatangkan customer ke lapak online shop kita. Namun kelemahannya ialah kita tidak memiliki kendali atas sebuah kata kunci sehingga pesaing akan mudah membuat akun dengan nama yang mirip lalu customer akan beralih ke akun apa saja yang ditemuinya. Kurang cocok di pakai untuk jangka panjang karena gampang untuk di buat akun serupa. Cocok untuk mengejar taffic singkat ataupun customer sekali beli.

    Akun dengan Username kata kunci sulit untuk dipertahankan kepemilikannya sebagai aset jangka panjang, karena akan sangat mudah ditiru oleh orang lain ataupun dibuat dengan nama yang menyerupai sehingga customer online shop kita akan sangat mudah terkecoh dan kebingungan saat mencari akun online shop kita.

    Hal ini tentunya akan sangat merugikan pemilik bisnis online yang sudah susah payah berpromosi apabila ujung - ujung nya customer menjadi kebingungan mencari antara beberapa akun online shop yang pada mirip namanya. Bisa - bisa customer yang sudah pernah berbelanja di kita malah jatuh ke akun lain yang memiliki nama akun online shop dibuat menyerupai kata kunci akun kita.

    Sebagai contoh yang termasuk dalam Username brand :

    @Baju.Sepatu , @Baju.Model dll

3. Nama Online Shop / Username Gabungan


    Jenis Username ini berisi gabungan antara kata penjelasan dan merek (brand) kita sendiri. Jenis Username ini cukup simple dan relatif mudah dibuat, tinggal menggabungkan antara kata penjelasan dan merek maka jadilah Username online shop kita.

    Sebagai contoh yang termasuk dalam Username brand :

    @TamzAksesoris , @TokoTamz dll

Langkah 4 : Jenis  Nama Online Shop yang paling tepat untuk online shop


    Tidak ada yang lebih baik dari yang lain, semua punya kelebihan, kekurangan, dan fungsi masing - masing. Hanya saja ada beberapa kondisi yang mungkin bisa anda sesuaikan untuk memilih antara Username online shop kata kunci ataupun Username online shop merek (brand).

    Kalau kawan - kawan masih baru memulai jualan online belum memiliki produk tetap, pemasaran dan penjualan belum terlalu luas, maka sebaiknya menggunakan Username kata kunci pada akun yang aktif di pakai jualan online. Namun, akun kata kunci ini di gunakan hanya untuk mengarahkan customer ke akun online shop brand kita sendiri. Akun kata kunci kita gunakan sebagai pelempar infomasi ke customer yang akan di arahkan untuk mengenal brand kita. Akun brand inilah yang menjadi investasi online jangka panjang online shop kita.

    Sebuah contoh pengalaman unik yang pernah kami temukan. Singkatnya, anggaplah kami membangun sebuah akun Instagram dengan nama @tamzaksesoris dan akun tersebut ditujukan untuk jualan fashion wanita secara online tentunya. Berdasarkan pengalaman kami, akun @tamzaksesoris ini akan tetap tumbuh secara follower, tetapi akan sangat jauh berbeda pertumbuhannya ketika Username yang kami gunakan @tokotamz misalnya.

    Akun dengan Username (nama pengguna) yang cenderung simple dan spesifik ke target akan lebih cepat pertumbuhan follower-nya. Penggunaan kata 'toko' , 'shop' , 'store' dapat memudahkan customer mengenali akun online shop kita, walaupun hal tersebut tidaklah di sarankan.

Bonus 1 : Trik Membuat Nama Online Shop  Jenis Kata Kunci


Trik Membuat Nama Online Shop  Jenis Kata Kunci

1.Gunakan Tools AllHastag


    All-hastag bisa digunakan  untuk mencari hastag yang berhubungan dengan online shop anda. Lalu hasil pencarian tersebut bisa kita jadikan inspirasi dalam menemukan kata kunci andalan untuk mengarak ke online shop kita.

2.Gunakan Tools Google Trends


    Google Trends dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci dan mengetahui topik populer yang sedang terjadi pada kurun waktu tertentu. Selain itu google trends juga dapat menampilkan  terkait topik yang menjadi tren berdasarkan kota, wilayah atau bahasa.

3.Gunakan Tools UberSuggest


    Ubersuggest adalah salah satu alat yang digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci atau pencari keyword gratis. Ubersuggest menyediakan lebih dari sekedar saran pada kata kunci berbagai informasi riset kata bisa kita peroleh menggunakan tools ini.

Bonus 2 : Trik Membuat Nama Online Shop Jenis Gabungan

1. Menggunakan Akronim


    Akronim merupakan singkatan yang dapat dibaca layaknya sebuah kata. Salah satu cara membuat nama online shop bisa menggunakan akronim baik gabungan kata tertentu bahkan gabungan nama pemilik pun bisa. Sebagai contoh merek Krisbow merupakan akronim dari nama pemiliknya yaitu Krisnandi Wibowo.

2. Menggunakan Singkatan Huruf


    Usahakan untuk membuat nama online shop tanpa singkatan, namun ini juga bisa menjadi salah satu cara membuat nama online shop. Contoh brand lokal Indonesia terkenal yang menggunakan singkatan huruf diantaranya :

    IM3 (Indosat Multimedia Mobile)

    CFC (California Fried Chicken)

    J.CO Donuts

3. Menggunakan Nama Sendiri


    Mennggunakan nama sendiri mungkin terasa narsis atau kepedean, tetapi sebenarnya tidak masalah dan merupakan salah satu solusi terutama ketika memang kita memiliki tujuan pengembangan personal branding di masa depan. Menjadi investasi merek yang dapat di kembangkan terus menerus di masa mendatang.

4. Bantuan Pencarian Sinonim


    Cari lalu tulis kata-kata kunci yang berkaitan dengan online shop kamu, baik itu jenis bisnis, maupun produk, atau target sasaran, hingga lokasi tempat online shop kamu beroperasi. Semakin banyak kata-kata maka akan semakin banyak referensi yang diperoleh.

    Setelah menuliskan berbagai hal tersebut coba untuk cari sinonimnya. Intinya adalah menemukan kata-kata yang berbeda, namun tetap memiliki arti yang serupa. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Danone. Danone memproduksi air mineral kemasan yang sangat terkenal yaitu Aqua. Mengapa diberi nama Aqua? Karena dalam bahasa latin Aqua artinya adalah air, sehingga nama tersebut memiliki hubungan dengan produk yang mereka jual.

5. Gunakan Akhiran Kata


    Menggunakan akhiran yang trendy merupakan salah satu cara membuat nama online shop. Akhiran trendy diantaranya : Nesia (furniturenesia) , ous (printerous), in (anterin), Ly (moslemly).

Bonus 3 : 2 Video Panduan Praktis Optimasi Nama Olshop (Online Shop)

Video 1 : Cara Tepat Menentukan Username Instagram untuk Jualan Online

 

 Video 2 : Optimasi Nama / Username Instagram Bisnis Online Shop


Adbox