Senin, 30 Maret 2020

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Emoji | Indonesia Info Berita Terbaru

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Emoji
Hanya dalam beberapa detik pertama saat customer mendarat di akun online shop instagram kita, customer sudah bisa mendapatkan kesan pertama pada olshop kita.

Kesan pertama yang customer peroleh dari suatu olshop tentunya didasarkan atas hal pertama yang customer temukan / lihat pada jualan online tersebut.

Hal pertama yang customer temukan pada akun olshop instagram adalah Bio karena posisi bio instagram terletak paling atas setelah foto profil.

Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk melakukan optimasi bio instagram dan salah satu optimasi yang dapat kita praktekkan ialah dengan menggunakan secara tepat fungsi emoji pada bio online shop instagram.

Optimasi Bio Instagram Jualan Online Modal Emoji

Langkah 1 : Gunakan emoji sebagai pemisah informasi
Langkah 2 : Gunakan emoji sebagai ajakan / menarik perhatian
Langkah 3 : Gunakan emoji untuk menghemat kata
Langkah 4 : Cek kesalahan penggunaan emoji

setiap langkah kami bahas satu persatu di bawah ini . . .

Langkah 1 - Gunakan Emoji sebagai Pemisah Informasi

Penggunaan emoji pada bio olshop berbeda dengan akun pribadi. Emoji pada online shop digunakan untuk memisahkan info - info agar terlihat rapi dan mudah di baca.

Langkah 1 Gunakan Emoji Sebagai Pemisah Informasi
Pada contoh bio instagram online shop di atas bisa kita lihat penggunaan emoji sebagai pemisah info - info sekaligus menjadi simbol penjelas tiap poin infonya.

contoh bio olshop ig di atas mengkombinasikan antara emoji sebagai pemisah antar info sekaligus memenuhi salah satu poin yang harus ada di bio online shop...

Poin tersebut ialah bagaimana membagun kepercayaan calon customer.

Kata Sejak tahun 2012 menengaskan bahwa olshop ini sudah lama beroperasi dan kemudian di ikuti dengan kata - kata pernah menerima award sehingga membagun kesan terpercaya di mata calon customer saat pertama kali membaca bio ig olshop ini.

Langkah 2 - Mempertegas Ajakan (Menarik Perhatian)

Emoji bisa di gunakan untuk mempertegas ajakan CTA (Call to Action) yang kita masukkan pada bio. Gunakan emoji tanda panah atau emoji tangan menunjuk untuk mempertegas bagian yang ingin kita tarik perhatiannya customer.
Langkah 2 Mempertegas Ajakan


Contoh bio instagram bisnis di atas menunjukkan penggunaan emoji tangan sebagai ajakan ke pengunjung untuk mengklik link website agar mendapatkan sesuatu yang bersifat gratis tips & trik.

Ketika menulis hastag pada bio ig, maka hastag tersebut akan berwarna biru dan bisa menjadi penarik pandangan mata customer lalu di tegaskan dengan penggunaan emoji tangan untuk menegaskan posisi link untuk mendapatkan penawaran olshop tersebut.

Contoh bio diatas memperlihatkan kombinasi antara penggunaan hastag dan emoji pada kata ajakan (CTA) olshop.

Langkah 3 - Penghemat Kata

Jumlah karakter yang terbatas pada bio instagram olshop bisa di akali dengan penggunaan emoji yang tepat. Sehingga, olshop bisa memberi informasi yang lebih banyak kepada pengunjung dibandingkan penggunaan kata-kata.

Penggunaan emoji jam untuk menunjukkan jam operasional olshop. Emoji telepon bisa digukan untuk menunjukkan contact telepon maupun whatsapp olshop. Emoji rumah digunakan untuk menunjukkan lokasi alamat olshop maupun wilayah operasional online shop kita.
Langkah 3 Penghemat Kata
Contoh bio olshop ig di atas menunjukkan penggunaan emoji hp sebagai simbol nomor telepon yang di perkuat dengan kata - kata COD untuk menarik perhatian calon customer untuk menghubungi nomor olshop tersebut.

Contoh bio untuk jualan di atas menunjukkan bagaimana kombinasi antara penawaran keunggulan COD yang di kombinasikan dengan emoji telepon sebagai penunjuk nomor WA dengan hanya menggunakan 1 baris pada bio instagram.

Langkah 4 - Kesalahan Penggunaan Emoji

Penggunaan emoji yang tidak tepat bisa memberi citra buruk pada online shop. Emoji bisa memberikan efek tidak profesional sampai terasa alay (ikut-ikutan) maupun lebay (keanak - anakan) pada olshop instagram / sosmed.

Gunakan emoji hanya dengan tujuan untuk membantu membuat profil akun jualan online kita terlihat profesional dan terpercaya.

Jadi setelah menggunakan emoji pada bio olshop kita ada baiknya kita mencoba meminta pendapat teman - teman sekitar perihal penggunaan emoji tersebut. Apakah tersasa berlebihan, lebay, alay atau tidak ?

Kumpul semua pendapat dari teman - teman sekitar tentang bio olshop instagram kita.

Lalu evaluasi dengan mencocokkan fungsi - fungsi di atas dan materi - materi pelajaran bisnis online lalu kita tentukan sendiri kombinasi yang paling sesuai menurut kita sendiri.

Mudah - mudahan postingan ini bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan online shop yang sedang kawan - kawan jalankan agar insyaAllah bisa laris manis.

Terima Kasih

BONUS VIDEO MATERI BIO INSTAGRAM OLSHOP




Adbox