Kamis, 16 November 2023

Aturan Baru Youtube Untuk Konten AI ? Melanggar Bisa Berdampak Monetisasi Dihentikan Hingga Channel Dihapus ! | Indonesia Info Berita Terbaru

Bagaimana Youtube Menghadapi Konten Hasil Buatan AI ?


Semua konten yang diupload ke YouTube tunduk pada Pedoman Komunitas YouTube, terlepas dari cara pembuatannya, namun YouTube juga tahu bahwa AI akan menimbulkan risiko baru dan memerlukan pendekatan baru.

YouTube sedang dalam tahap awal pengembangan akan hal ini, dan akan terus mengembangkan pendekatan YouTube seiring dengan pembelajaran lebih lanjut.


Apakah Ada Aturan Baru Tentang Konten Yang Dibuat Oleh AI ?


Berikut ini adalah apa yang akan diluncurkan YouTube dalam beberapa bulan mendatang dan memasuki tahun baru.

YouTube akan memperkenalkan pembaruan yang memberi tahu pemirsa jika konten yang mereka lihat adalah konten sintesis atau dibuat menggunakan AI.

YouTube memiliki kebijakan lama yang melarang konten yang dimanipulasi secara teknis yang menyesatkan pemirsa dan dapat menimbulkan risiko serius yang menimbulkan kerugian besar. 

Namun, bentuk penyampaian cerita baru yang canggih dari AI juga dapat digunakan untuk menghasilkan konten yang berpotensi menyesatkan penonton ! Terutama jika penonton tidak menyadari bahwa video tersebut telah diubah atau dibuat secara sintetis (hasil buatan AI).


Untuk mengatasi masalah ini, dalam beberapa bulan mendatang, YouTube akan memperkenalkan pembaruan yang memberi tahu penonton jika konten yang mereka lihat adalah konten sintetis atau dihasilkan dengan AI. 

Bagaimana Penerapan Aturan Baru Untuk Konten AI Tersebut ?

Secara khusus, YouTube akan mewajibkan pembuat konten untuk mengungkapkan kapan mereka membuat konten yang diubah atau sintetis yang realistis, termasuk menggunakan alat AI. 

Saat pembuat mengunggah konten, YouTube akan memiliki opsi baru yang dapat mereka pilih untuk menunjukkan bahwa konten tersebut berisi materi yang diubah atau sintetis secara realistis. 

Mengapa Penting Untuk Mebedakan Konten Yang Dibuat Menggunakan AI ?


Hal ini sangat penting terutama ketika konten membahas topik sensitif, seperti pemilu, konflik yang sedang berlangsung, dan krisis kesehatan masyarakat, atau pejabat publik. 

Misalnya, ini bisa berupa video buatan AI yang secara realistis menggambarkan peristiwa yang tidak pernah terjadi, atau konten yang menunjukkan seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak mereka lakukan.

YouTube terus mendengar masukan dari komunitas YouTube, termasuk pembuat konten, penonton, dan artis, tentang dampak teknologi baru terhadap mereka. 

Hal ini terutama berlaku dalam kasus di mana wajah atau suara seseorang dapat dibuat secara digital tanpa izin atau untuk menggambarkan sudut pandang mereka secara salah.

Jadi dalam beberapa bulan mendatang, YouTube akan memungkinkan untuk meminta penghapusan konten buatan AI atau konten sintetis atau konten lain yang telah diubah yang menirukan individu yang dapat diidentifikasi, termasuk wajah atau suaranya, menggunakan proses permintaan privasi YouTube . 


Apa Yang Terjadi Kalau Konten Kreator Mengabaikan Aturan Konten AI Ini?


Kreator yang terus-menerus memilih untuk tidak mengungkapkan informasi ini dapat dikenakan 
  • penghapusan konten, 
  • penangguhan dari Program Mitra YouTube
  • atau hukuman lainnya. 

Tidak semua konten akan dihapus dari YouTube, dan YouTube akan mempertimbangkan berbagai faktor saat mengevaluasi permintaan ini. 

Hal ini dapat mencakup apakah konten tersebut merupakan parodi atau sindiran, apakah orang yang mengajukan permintaan dapat diidentifikasi secara unik, atau apakah konten tersebut menampilkan pejabat publik atau individu terkenal, yang dalam hal ini mungkin terdapat batasan yang lebih tinggi.

YouTube juga memperkenalkan kemampuan bagi mitra musik YouTube untuk meminta penghapusan konten musik buatan AI yang meniru suara unik nyanyian atau rap artis. 

Dalam menentukan apakah akan mengabulkan permintaan penghapusan, YouTube akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti apakah konten tersebut menjadi subjek pelaporan berita, analisis, atau kritik terhadap vokal sintetis. 

Permintaan penghapusan ini akan tersedia bagi label atau distributor yang mewakili artis yang berpartisipasi dalam eksperimen musik AI awal di YouTube. YouTube akan terus memperluas akses ke label dan distributor tambahan dalam beberapa bulan mendatang.


Bagaimana Youtube Menerapkan Atau Menyosialisasikan Fitur Ini ? 



YouTube akan bekerja sama dengan para pembuat konten sebelum fitur ini diluncurkan untuk memastikan mereka memahami persyaratan baru ini.


YouTube akan memberi tahu penonton bahwa konten dapat diubah atau disintesis melalui dua cara
  • Label baru akan ditambahkan ke panel deskripsi yang menunjukkan bahwa beberapa konten telah diubah atau sintetis. 
  • Dan untuk jenis konten tertentu tentang topik sensitif, YouTube akan menerapkan label yang lebih menonjol pada pemutar video.

Apakah Label Konten AI Tersebut Bisa Melindungi Penonton ?

Ada juga beberapa area di mana label saja mungkin tidak cukup untuk mengurangi risiko bahaya, dan beberapa media sintetis, terlepas dari apakah media tersebut diberi label, akan dihapus dari platform YouTube jika melanggar Pedoman Komunitas YouTube. 

Misalnya, video yang dibuat secara sintetis dan menampilkan kekerasan yang realistis masih dapat dihapus jika tujuannya adalah untuk mengejutkan atau membuat penonton merasa jijik.

Seiring dengan diluncurkannya pembaruan baru ini maka 
ke depannya  konten yang dibuat dengan produk dan fitur AI generatif YouTube akan diberi label dengan jelas sebagai konten yang telah diubah atau sintetis.

Bagaimana Cara Youtube Menegakkan Aturan Baru Konten AI Ini ?


YouTube selalu menggunakan kombinasi teknologi manusia dan pembelajaran mesin untuk menegakkan Pedoman Komunitas YouTube, dengan lebih dari 20.000 peninjau Google yang beroperasi di seluruh dunia. 

Dalam sistem YouTube, pengklasifikasi AI membantu mendeteksi konten yang berpotensi melanggar dalam skala besar, dan peninjau berupaya memastikan apakah konten benar-benar telah melewati batas kebijakan. 

AI terus meningkatkan kecepatan dan keakuratan sistem moderasi konten YouTube.

Salah satu dampak yang jelas adalah mengidentifikasi bentuk-bentuk pelecehan baru. 

Ketika ancaman baru muncul, sistem YouTube hanya memiliki sedikit konteks untuk memahami dan mengidentifikasi ancaman tersebut dalam skala besar. 

Namun, AI generatif membantu YouTube dengan cepat memperluas kumpulan informasi yang menjadi dasar pelatihan pengklasifikasi AI YouTube, yang berarti YouTube dapat mengidentifikasi dan menangkap konten ini dengan lebih cepat. 

Peningkatan kecepatan dan keakuratan sistem YouTube juga memungkinkan YouTube mengurangi jumlah konten berbahaya yang dapat dilihat oleh peninjau manusia.


Bagaimana Dengan Fitur AI YouTube Untuk Kreator ?


Seiring YouTube terus mengembangkan alat AI baru untuk para kreator, pendekatan YouTube tetap konsisten dengan cara YouTube mengatasi beberapa tantangan tanggung jawab terbesar YouTube.

YouTube percaya bahwa YouTube perlu meluangkan waktu untuk memperbaiki keadaan, dibandingkan berusaha menjadi yang pertama.

YouTube memikirkan dengan hati-hati tentang bagaimana YouTube dapat memanfaatkan investasi bertahun-tahun pada tim dan teknologi yang mampu memoderasi konten pada skala YouTube

Hal ini mencakup upaya signifikan dan berkelanjutan untuk mengembangkan pagar pembatas yang akan mencegah alat AI YouTube menghasilkan jenis konten yang tidak seharusnya ada di YouTube.

YouTube juga menyadari bahwa pelaku kejahatan pasti akan berusaha menghindari batasan ini. 

YouTube akan menggabungkan masukan pengguna dan pembelajaran untuk terus meningkatkan perlindungan YouTube

Apakah Ada Teknik Atau Upaya Lain Youtube Untuk Melindungi Penonton?


Di dalam perusahaan YouTube, tim khusus seperti bagian intelijen YouTube secara khusus berfokus pada pengujian silang dan deteksi ancaman untuk memastikan sistem YouTube menghadapi tantangan baru yang muncul.


Bagaimana Youtube Melihat Perkembangan Video Hasil AI ?


YouTube masih berada di awal perjalanan untuk membuka bentuk inovasi dan kreativitas baru di YouTube dengan AI generatif. 

YouTube sangat gembira dengan potensi teknologi ini, dan YouTube tahu bahwa perkembangan selanjutnya akan berdampak pada industri kreatif di tahun-tahun mendatang. 

YouTube meluangkan waktu untuk menyeimbangkan manfaat ini dengan memastikan kelangsungan keamanan komunitas YouTube pada momen penting ini—dan YouTube akan bekerja sama dengan para kreator, seniman, dan pihak lain di industri kreatif untuk membangun masa depan yang bermanfaat bagi YouTube


Adbox